Tingkatkan Minat Belajar Psikologi Melalui Bedah Film

USHULUDDIN Jumat, 30 Juli 2021 14:27 WIB
213x ditampilkan Galeri Berita

Guluk-Guluk - INSTIKA - Banyak cara untuk meningkatkan minat belajar. Salah satunya adalah melalui bedah film. Inilah yang dilakukan Himpunan Mahasiswa Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi (HMP-TP) Fakultas Ushuluddin Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep, Kamis (29/7/2021), di Aula Assyarqawi.

Mereka membedah film berjudul “To My Star." Film yang mengisahkan perbedaan kejiwaan dua orang yang memilih hidup bersama ini dipilih untuk dibedah guna meningkatkan minat belajar, khususnya yang berkaitan dengan masalah psikologi.

"Kami sengaja memilih film itu untuk dibedah karena ada unsur pembelajaran psikologinya," kata ketua panitia Fina Malia.

Dekan Fakultas Ushuluddin Dr Fathurrosyid MThI menyampaikan bahwa pihaknya memang mendorong mahasiswa untuk terus meningkatkan minat belajarnya. Salah satunya bisa melalui nonton dan bedah film.

“Bedah film semacam itu saya rasa memang perlu untuk kalangan mahasiswa. Apalagi dapat memotivasi belajarnya yang sesuai dengan prodi," katanya saat dihubungi instika.ac.id.

Dari bedah film tersebut, diharapkan selain meningkatkan minat belajar di bidang psikologi, juga dapat memunculkan ide-ide kreatif berkaitan dengan tasawuf dan psikoterapi. "Seperti membuat film pendek yang berisi pesan moral dan terapi kejiwaan,"  katanya lagi.

Terlebih, lanjutnya, saat ini teknologi sangat mendukung untuk membuat hal semacam itu. "Belajar semakin meningkat dan kreatif," katanya.

Penulis: Masykur Arif (LP2D)